Minggu, 30 Desember 2012

RASI BINTANG

RASI BINTANG
Sobat, seperti yang kita tau pada malam hari di langit tampak bintang- bintang bertebaran. Apakah sobat bisa menghitungnya? Nampaknya sampai sekarang belum ada manusia yang mampu menghitung jumlah bintang di langit. Bintang ada yang cahayanya redup ada pula yang cahayanya terang. Mengapa bisa terjadi? Bintang merupakan benda langit yang dapat mengeluarkan cahaya sendiri. Bintang yang cahayanya terang letaknya dengan bumi, sebaliknya bintang yang terlihat redup letaknya jauh dengan bumi.

Bintang-  bintang yang tampak berdekatan digabung- gabungkan sehingga terbentuk suatu susunan yang dinamakan rasi bintang. Beberapa rasi bintang digunakan untuk menunjukkan arah angin, diantaranya sebagai berikut :
1)     Rasi bintang Pari
Dipakai sebagai petunjuk ke arah selatan. Rasi ini merupakan susunan empat buah bintang yang membentuk gambar layang- layang. Disebut juga Gubuk Penceng.
2)     Rasi bintang Biduk atau Beruang Besar
Dipakai sebagai petunjuk ke arah utara. Rasi bintang ini terdiri atas tujuh bintang maka sering disebut juga Bintang Tujuh.
3)     Rasi Bintang Kalajengking
Rasi ini tampak mengelompok membentuk gambar kalajengking dan terletak di sebelah tenggara.
4)     Rasi Bintang Waluku atau Onion
Terletak di sebelah barat sampai ke timur. Bila rasi bintang ini terletak di sebelah timur berarti pertanda bahwa para petani mulai menggarap lahannya.
Di alam semesta juga terdapat kumpulan atau gugusan bintang. Gugusan bintang yang berjumlah jutaan ini disebut Galaksi, misalnya Galaksi Bimasakti (Milky Way) dan Galaksi Andromeda. Sau galaksi berisi sekitar 100 milyar bintang. 



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar